Sabtu, 27 Juli 2013

KEISTIMEWAAN DAN KEUTAMAAN SHALAT

 Ibadah shalat memiliki banyak keutamaan yang disebutkan oleh Allah ta'ala dan rasulNya shallallahu'alaihi wasallam , diantaranya ;
  1. Perintah wajib shalat diembankan Allah ta'ala kepada Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam diatas langit pada malam Isra' MI'raj sedangkan ibadah-ibadah lainnya diturunkan perintah wajibnya kedunia. Ini menunjukkan betapa pentingnya dan agungnya perkara shalat ini.
  2. Shalat merupakan satu-satunya rukun islam yang  setiap hari berulang sampai lima kali, dan sama sekali tidak dibenarkan untuk ditinggalkan kecuali bagi wanita haid dan nifas
  3. Shalat adalah amalan yang paling utama, paling baik dan paling mendekatkan diri dengan Allah ta'ala, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda : " Seutama-utamanya amalan adalah shalat tepat pada waktunya " (Muttafaq 'Alaih) .
  4. Shalat ; tiang agama, suatu puncak keyakinan terhadap Allah, dan penyejuk hati bagi orang-orang yang mengesakan Allah ta'ala. Dalam hadis ; "Puncak dari semua perkara adalah islam,dan  tiangnya adalah shalat … " (HR Ahmad dan Tirmidzi dan dinilai shahih oleh Al-Albani)
  5. Shalat ; penyelamat seorang hamba dari kemunafikan dan merupakan tanda kejujuran dan amanahnya seorang hamba terhadap perintah Tuhannya. Dalam hadis ; "Barangsiapa yang mendirikan shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama'ah yang mana ia selalu mendapati takbir pertama (takbiratul ihram) maka ia dijauhkan dari dua perkara ; dijauhkan dari neraka dan sifat kemunafikan" (HR Ahmad dan dinilai shahih oleh al-Albani)
  6. Shalat adalah perintah utama Allah ta'ala dan wasiat utama Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam. Dalam AlQuran, Allah ta'ala berfirman yang  artinya "Peliharalah semua shalat dan shalat wustha (ashar)…."  (Albaqarah 238)
  7. Shalat dapat meninggikan derajat seorang muslim dihadapan Allah , menjauhkannya dari maksiat serta menghapus dosa-dosanya. Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda : "Bagaimana menurut kalian, andainya didepan rumah kalian ada sebuah sungai dimana ia mandi disungai itu setiap hari lima kali, maka apakah ia masih memiliki daki ?, para sahabat menjawab : tentu ia tidak akan memiliki daki . Maka beliaupun bersabda : Seperti itulah perumpamaan shalat lima waktu ,dengannya Allah ta'ala mensucikan segala dosa-dosa" (MUttafaq 'Alaih) .Maksud dosa-dosa dalam hadis ini adalah dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya dapat disucikan dan diampuni dengan taubat kepada Allah.
  8. Shalat ; penyelamat dari api neraka, tameng dari berbagai azab, dan penyebab masuk kedalam surga. Dalam hadis : "Tidak akan masuk neraka seorangpun yang shalat sebelum matahari terbit (subuh) dan sebelum matahari terbenam (ashar)" (HR Muslim)
  9. Shalat ; tanda kebahagiaan dan keselamatan seorang hamba dan merupakan amalan yang pertama kali dihisab hari kiamat kelak diantara amalan-amalan harian. Allah ta'ala berfirman yang artinya : "Sungguh beruntung orang-orang beriman. Yaitu yang khusyu' dalam shalatnya"  (AlMukiminun 1-2 ) ,diantara mereka Allah juga menyebutkan : " serta orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi . (yakni) yang akan mewarisi surga firdaus ,mereka kekal didalamnya"  (Almukminun  9-11)
  10. Dalam hadis : "Amalan pertama yang dihisab pada hari kiamat adalah shalat, jika shalatnya baik maka baiklah seluruh amalannya, jika shalatnya buruk maka buruklah seluruh amalannya " (HR Thabrani Dan AdhDhiya' dan dinilai shahih oleh Al-Albani)
  11. Shalat adalah bekal menuju akhirat, mendatangkan ketenangan jiwa dan tubuh , cahaya bagi hati, serta penyucian jiwa. Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda : "Wahai Bilal, dirikanlah iqamat untuk shalat , tenangkan hati kami dengannya " (HR Ahmad dan Abu Daud dan dinilai shahih oleh AlAlbani)
  12. Shalat membuat syaithan marah, dan orang-orang kafir merasa lemah. Sebagaimana dalam hadis : "Jika bani Adam membaca ayat sajadah lalu bersujud maka syaithan akan meninggalkannya sambil menangis dan berkata : celakalah aku, anak adam diperintahkan untuk sujud lalu ia bersujud, maka dengannya ia mendapatkan surga, sedangkan aku disuruh sujud namun aku enggan maka bagiku adalah neraka" (HR Muslim)
  13. Dalam hadis lain : "Orang yahudi tidak merasa hasad terhadap kalian sebesar hasad mereka terhadap "ucapan salam" dan ucapan "amin" kalian (dalam shalat) " (HR Ahmad dan dinilai shahih oleh alAlbani)
  14. Shalat ; penyelamat hamba dari berbagai macam syahwat dan maksiat serta solusi dari segala kesengsaraan dan penderitaan . Dalam AlQuran : "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar " (Al'Ankabut 45)
  15. Dalam hadis : "Dirikanlah shalat malam, karena ia adalah amalan orang-orang shalih sebelum kalian, dapat mendekatkan diri kepada Allah, menjauhkan dari maksiat, menghapus dosa-dosa, dan mengusir penyakit hasad" (HR Ahmad dan Tirmidzi dan dinilai shahih oleh AlAlbani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar