Sabtu, 27 Juli 2013

AGAR SHALATMU DITERIMA OLEH ALLAH

Saudaraku tercinta, agar ibadah shalat ini dilaksanakan dengan sempurna dan dapat diterima oleh Allah ta'ala sebagai ibadah yang baik maka hendaknya kita melaksanakan beberapa perkara ;
  1. Menyempurnakan wudhu sebelum shalat. Dalam hadis : "Tidaklah seorang muslim berwudhu dan menyempurnakan wudhunya lalu mendirikan shalat dua rakaat dengan hati dan wajah yang tenang (penuh khusyu') melainkan ia berhak masuk surga" (HR Muslim)
  2. Sebelum kemesjid, hendaknya sudah ada dalam keadaan wudhu dari rumah dan hendaknya menuju mesjid dengan berjalan kaki, dalam hadis : " Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan menuju mesjid dalam keadaan gelap gulita ,dengan cahaya  sempurna yang diperuntukkan bagi mereka, hari kiamat kelak" (HR Abu daud dan Tirmidzi dan dinilai shahih oleh alAlbani) .
  3. Menjaga pelaksanaan shalat diawal waktunya , sebagaimana dalam hadis sebelumnya bahwa ini merupakan amalan yang paling utama.
  4. Menjaga shalat berjamaah, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda : "Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendiri sebanyak 27 derajat" (HR Bukhari Muslim).
  5. Selalu tidak terlambat dari takbiratul ihramnya imam. Dalam hadis ; "Barangsiapa yang mendirikan shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama'ah yang mana ia selalu mendapati takbir pertama (takbiratul ihram) maka ia dijauhkan dari dua perkara ; dijauhkan dari neraka dan sifat kemunafikan" (HR Ahmad dan dinilai shahih oleh al-Albani)
  6. Shalat dengan penuh khusyu' dan kehadiran hati dalam menghayati gerakan dan bacaan-bacaan shalat.
  7. Menggantungkan hati dengan masjid, dan memperbanyak duduk dan berjalan ke mesjid,karena orang yang seperti ini adalah yang dijanjikan Allah sebagai salah satu dari tujuh golongan yang akan dinaungi dihari kiamat kelak sebagaimana dalam hadis muttafaq 'alaihi.
  8. Mempelajari masalah-masalah shalat baik dari kajian-kajian ilmu ataupun dari buku-buku panduan shalat yang sesuai petunjuk Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam.
  9. Tidak melalaikan shalat sunat rawatib, karena ia dapat menyempurnakan kekurangan dalam shalat wajib.
  10. Seorang muslim hendaknya tidak makan dam minum terlalu banyak, tidak banyak tidur dan bergaul karena hal ini dapat melalaikan shalat. Juga tidak begadang terlalu larut karena dapat melalaikan dirinya dari shalat subuh.
  11. Menghadirkan keagungan dan kebesaran Allah sebelum masuk kedalam shalat ,dan hendaknya menjaga zikir-zikir setelah shalat. Dalam hadis ; "Jika salah seorang diantara kalian berdiri shalat ,maka sesungguhnya ia bermunajat dengan Rabbnya, sebab itu ia hendaknya memperhatikan bagaimana cara bermunajat denganNya " (HR AlHakim dan dinilai shahih oleh AlAlbani)
  12. Merenungi makna ayat yang dibaca oleh imam, dan jangan biarkan hati dan pikiran memikirkan perkara-perkara luar shalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar